Selasa, 06 April 2010

MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA LANSIA ADALAH HAK BAGI MEREKA

Kebanyakan penduduk lansia mengalami kesulitan ekonomi dan pada umumnya mereka masih bekerja sebagai buruh tani, pekerja sektor informal, pengusaha kecil atau pekerja swasta mandiri. Untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, sebagian besar penduduk lansia terpaksa harus terus bekerja walau dengan upah yang rendah dan harus bersaing dengan mereka yang muda-muda yang baru masuk ke pasar kerja. Karena program jaminan sosial masih terbatas, maka bantuan dari anggota keluarga lain yang masih produktif akan terus diperlukan.

Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial bahwa petugas sebaiknya dapat menemukan model-model pelayanan yang paling baik bagi kliennya, harus dapat membenakan pelayanan yang tepat untuk lanjut usia potensial dan non potensial. Dalam menangani masalah lanjut usia baik itu masalah berelasi maupun berkomunikasi antara lansia harus dilaksanakan dengan berbagai tehnik dan metode.Salah satu cara adalah dengan memperbanyak dinamika kelompok.

sehingga dengan teknik atau cara tersebut sangat penting dalam rangka meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusiai dalam memberikan pelayanan sosial lanjut usia khususnya bidang bimbingan sosial dan bimbingan psikososial.

Mengapa Bimbingan Sosial dan Psikososial diperlukan
Bimbingan Sosial merupakan suatu rangkaian kegiatan terencana, terarah, terstruktur dan sistematik untuk membimbing dan memberikan arah kepada penerima manfaat dalam meningkatkan kemampuan, motivasi dan peranannya dalam rangka memperkuat keberfungsian sosialnya.

Sedangkan bimbingan psikososial adalah merupakan suatu proses pertolongan yang dilakukan oleh pekerja sosial untuk menata dan menstruktur kembali kepribadian dengan lingkungan sosial lanjut usia (penerima manfaat) agar mereka dapat mencapai tahap keberfungsian sosial secara optimal sesuai dengan kondisinya.

0 komentar: