Senin, 08 Maret 2010

Aktivitas Sehat Lanjut Usia

Banyak cara dilakukan untuk menjadi sehat. Khusus lansia, mereka harus pandai memilih aktivitas yang tepat untuk mengisi hari-harinya. Apabila lansia melakukan aktivitas olahraga maka pilihlah olahraga ringan yang tidak beresiko cidera. Pada intinya beraktivitas/bergerak memang harus tetap merupakan bagian dari kehidupan lansia meski dalam jumlah waktu yang terbatas dan tempat yang aman (waktu dan porsi latihan disesuaikan dengan usia dan kemampuan lansia - bisa ditanyakan dokter).

Beberapa aktivitas yang cocok bagi lansia diantaranya yaitu :

1. berjalan kaki di dalam ruangan maupun di luar ruangan, baik untuk tetap menjaga kebugaran tubuh

2. renang, bagus untuk menghilangkan linu persendian

3. Bersepeda, bermain dengan cucu, baik untuk meningkatkan stamina jantung

4. Berkebun, bagus untuk memperkuat otot

5. Membaca buku, baik untuk menjaga daya ingat dan kemampuan analisis

6. Bernyanyi sendiri maupun bersama pasangan baik untuk menjaga kebersamaan dan kegermbiraan

7. Silahturahmi ke teman-teman sebaya maupun keluarga, baik untuk menjaga hubungan persahabatan dan kekeluargaan

8. Memperbanyak ibadah baik untuk memberikan ketenangan bathin, agar tidak mudah stress, menghindarkan diri dari serangan stroke.

Dengan aktivitas di atas diharapkan, lansia tetap dapat sehat dan potensial serta dapat melaksanakan tugas kehidupannya dengan baik.

1 komentar:

warg sehat mengatakan...

rukunseniorliving.com rumah jompo